Acronis Backup and Security 2010


1:32 PM |

Secara garis besar, sumber ancaman terhadap sebuah PC terbagi menjadi dua: internal dan eksternal. 

Bahaya internal biasanya meliputi faktor keteledoran manusia dan kerusakan sistem. Contohnya, salah klik, sistem crash, dan gangguan listrik. Akibatnya, data-data penting bisa lenyap tanpa disengaja.
Sementara itu, bahaya eksternal umumnya berbentuk serangan malware. Internet dan USB storage merupakan media penyebaran paling rawan dari virus, worm, trojan, spyware, dan program berbahaya lainnya. Selain menyerang sistem, malware semacam ini pun berpotensi melakukan pencurian informasi pribadi dari PC Anda. 
Untuk melindungi PC dari kedua jenis ancaman tersebut, Anda bisa menggunakan Acronis Backup and Internet Security 2010. Inilah paket 2-in-1 yang menggabungkan software keamanan dan backup ke dalam satu paket. 

Hal ini semestinya menguntungkan Anda sebagai pengguna dari sisi biaya dan kepraktisan. Betulkah?
Kesan pertama yang kami peroleh tidaklah baik. Sebabnya, proses instalasi Acronis panjang dan merepotkan. Durasinya bisa mencapai sepuluh menit. Bagian paling lama ialah penyalinan berkas instalasi dari CD dan progress instalasi itu sendiri. Ketika menjajal Norton 360 dua bulan lalu, hal ini tak kami temukan. Padahal, fungsinya serupa.
Saat program mulai berjalan, kekecewaan berlanjut. Soalnya, walau mengusung satu judul, rupanya Acronis tetap saja memisahkan antara program sekuriti dan backup. Fungsi keamanan dijalankan Acronis Internet Security, fungsi backup dijalankan Acronis True Image Home. Keduanya tampil dalam jendela berbeda, tidak terintegrasi dalam satu antarmuka. Karena ada dua program, Anda harus menyediakan ruang hard disk setidaknya 250 MB.
Untungnya, rasa kecewa kami terobati setelah melihat kekayaan feature yang dimiliki Acronis. Program keamanannya lengkap, meliputi antivirus, antispyware, antispam, firewall, dan antiphishing. Untuk membentengi PC, terdapat real-time protection yang otomatis mendeteksi bila ada malware yang berniat mengakses sistem Windows. Karena dirancang untuk pengguna rumahan, tersedia pula fasilitas parental control untuk membatasi aktivitas Internet anak Anda.
Kelengkapan fasilitas juga kami lihat pada program backup. Bukan cuma data, Anda juga bisa mencadangkan e-mail, setelan aplikasi, dan kondisi sistem. Untuk tempat penyimpanan, silakan pilih antara hard disk atau online storage. Acronis memberi alokasi 5 GB di tempat penyimpanan maya miliknya. Namun, tentu saja Anda membutuhkan koneksi internet pita lebar supaya dapa mengunggah data lebih cepat. (Erry FP)
***
Kesimpulan
Acronis Backup dan Security 2010 merupakan pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan solusi perlindungan komplet. Software ini mudah digunakan dan kaya akan feature berguna. Beberapa di antaranya bahkan tak dimiliki produk pesaingnya. Tapi, sayang, sisi kepraktisan tidak berhasil dicapai oleh produk ini.

 


You Might Also Like :


Pengikut