Line Follower Lagi.....!


2:26 PM |

wah…gak bosen-bosen nich buat share tentang robot line follower…coz ane mang maniak banget nich dengan ni robot…kali ini ane mau ngeshare sedikit tentang merancang robot line follower dengan ADC dan ter-multipleks…tujuannya kita dapat merancang sensor lebih banyak…jika pada awalnya kita memanfaatkan fungsi porta mikrokontroler AVR sebagai I/O nach kali ini kita manfaatkan keistimewaan porta tersebut yaitu ADC (analog digital converter)…dengan menggunakan ADC maka isyarat analog dari sensor dapat kita olah tanpa bantuan komparator lagi…selain itu dengan penggunaaan ADC dapat menghemat komponen elektronika yang digunakan pada robot hanya saja jika menggunakan ADC kita harus dilebih menguasai pemrograman untuk mengolah proses perkonversian ADC tersebut…tapi tenang aja gak susah kok…di blog ane dah da cara mengolah ADC danmerancang multiplekser dengan IC 4051 tapi itu pemrogramannya pake Bascom AVR… menurut ane justru lebih gampang lo dari pada CodeVision AVR…
Nach ni dia pengalaman ane merancang sensor line follower sebanyak 16 buah…ilustrasi perancangan sensornya perhatikan blok diagram berikut:
Dengan banyaknya sensor dampaknya logika pembacaan garis (mapping sensor terhadap garis akan semakin banyak) maka dari itu akan banyak kondisi yang dapat di mapping oleh sensor jadi kalo da garis perempatan, pertigaan dapat dengan mudah di mapping…dan memudahkan kita dalam merancang algoritma pemrograman…


You Might Also Like :


Pengikut